Tak jarang para pelaku bisnis seperti UMKM menggunakan layanan KUR atau Kredit Usaha Rakyat di setiap tempat yang menyedikannya. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai bentuk sokongan dana pengembangan bisnis. Meski begitu Anda juga harus tahu nih beberapa tips agar bisa lebih mudah sukses ajukan KUR. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Miliki bisnis yang sudah berjalan 6 bulan

Dalam proses pengajuan Kredit Usaha Rakyat atau KUR memang diperlukan beberapa persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu. Salah satunya adalah Anda sebagai pemilik usaha UMKM setidaknya harus sudah menjalankan usaha tersebut minimal enam bulan lamanya.

Sebab menjual ide bisnis saja dirasa tidak cukup dalam proses pengajuan KUR. Karena pada dasarnya pihak kreditur akan memastikan jika pinjaman yang digelontorkan terbilang tepat sasaran. Maka dari itu sebagai persyaratan untuk dalam proses penyaluran KUR, pihak peminjam harus memiliki usaha yang minimal berjalan selama enam bulan lamanya.

Proses ini dilakukan agar bisa menunjukkan jika calon debitur memiliki tingkat konsistensi dalam menjalan usaha serta dalam mengatur arus kas. Selain itu para pelaku usaha UMKM yang sudah menjalankan usahanya selama enam bulan juga akan lebih mudah meningkatkan kepercayaan kepada pihak kreditur.

Sesuaikan jumlah pinjaman dengan rencana usaha

Sebelum memutuskan menggunakan layanan KUR, Anda sebagai pihak peminjam juga harus melakukan perhitungan terlebih dahulu. Dimana perhitungan tersebut terkait dengan proyeksi pertumbuhan bisnis periode saat ini yang disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis di periode sebelumnya yang dijadikan tolok ukur. Hal ini dilakukan agar Anda sebagai pihak peminjam bisa menjalankan uang pinjaman sesuai dengan rencana bisnis yang telah disusun sebelumnya.

Secara umum UMKM akan memiliki dua pilihan KUR yaitu KUR mikro dan KUR retail. Dimana untuk KUR mikro memiliki besar pinjaman yang begitu relatif tergantung pemberi pinjaman. Biasanya kisaran kredit yang diberikan adalah mulai dari angka 10 hingga 100 juta Rupiah.

Sedangkan untuk KUR retail lebih cocok untuk bisnis yang sudah mencapai skala menengah. Dimana untuk limit pinjaman KUR retail lebih besar dari KUR mikro yaitu hingga mencapai 500 juta Rupiah.

Miliki riwayat kredit yang baik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika proses pengajuan KUR akan diperlukan beberapa pengecekan oleh pihak pemberi pinjaman. Sebelum mengajukan proses pengajuan pinjaman, Anda sebagai pihak peminjam juga setidaknya memiliki riwayat kredit yang baik.

Dalam hal ini Anda tak bisa berbohong kepada pihak pemberi pinjaman. Pasalnya mereka akan kroscek dengan data yang sudah tercatat ketika Anda melakukan pinjaman sebelumnya. Maka dari itu memiliki riwayat kredit yang baik seperti membayar angsuran dengan baik adalah salah satu cara paling mudah untuk di ACC pengajuan KUR.

Nah itulah beberapa tips mudah agar pengajuan KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang Anda lakukan berhasil dengan mudah.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.