Seperti halnya motor dan mobil, genset adalah alat yang perlu dirawat, dijaga dan diperiksa secara rutin agar dapat selalu normal untuk digunakan tiap kali kita membutuhkan alat ini. Di bawah ini adalah beberapa Tips perawatan genset sederhana yang tentunya mudah dilakukan di rumah, antara lain sebagai berikut
1. Memastikan Agar Genset Dioperasikan dengan Benar Sesuai Buku Petunjuk
Sebelum mulai mengoperasikan genset, sebaiknya anda membaca dan memahami bagaimana cara dan langkah-langkah mengoperasikan genset, hal ini dilakukan agar genset terhindar dari kesalahan pengoperasian yang membuat genset mudah rusak. Hal ini terlihat sepele dan sering dilupakan ,namun penting untuk diperhatikan agar genset tahan lama dan mengeluarkan daya listrik optimal.
2. Pemeliharaan Spare part Genset
Genset yang telah dipakai cukup lama dalam kurun waktu tertentu butuh untuk dicek Spare part atau bagian-bagiannya. Pengecekkan ini merupakan salah satu yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kemacetan genset saat digunakan, bagian-bagian yang telah aus atau usang perlu diganti supaya genset tetap normal dan menghindari kerusakan fatal yang mengakibatkan genset mati total.
3. Menjaga Genset agar Selalu Bersih
Perawatan sederhana selanjutnya adalah membersihkan genset, kebersihan genset merupakanĀ  hal yang tidak boleh dilupakan karena caranya yang cukup mudah, tips ini dapat diterapkan untuk perawatan genset portable, genset perkins dan jenis-jenis lainnya. Bersihkan dari debu, minyak dan kotoran lainnya, agar fisik genset anda terlihat masih bagus serta performanya juga optimal.
4. Letakkan Genset di Tempat yang Tepat dan Aman
Kedudukan genset penting diperhatikan, karena genset menimbulkan getaran yang cukup kencang maka letakkan genset di permukaan datar dan kuat, jauhkan genset dari anak-anak, terik matahari, air hujan dan lain-lain. Hal ini penting untuk diingat agar genset terhindar dari kerusakan serius.
5. Matikan Genset jika Suaranya Terdengar Ganjal
Jika dalam posisi gensetĀ  hidup terdengar suara genset yang janggal dan getaran yang dihasilkan terlalu kuat maka segera matikan genset kemudian periksa genset.
Di atas adalah Tips sederhana perawatan genset yang dapat anda lakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan fatal pada genset, semoga bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.