Banyak orang bilang jika pakai jasa digital printing Jakarta untuk cetak ebook, Anda bisa terjerat hukum perdata. Apakah ini benar? Mari bahas lebih lanjut seputar ini pada artikel berikut:

Sebenarnya Illegal

Cetak ebook sebenarnya tergolong illegal jika dilakukan tanpa izin dan dengan tujuan profit. Banyak orang meremehkan hal ini dan jika ada yang menuntut, orang tersebut bisa kena sanksi denda besar.

Walaupun illegal, banyak orang Indonesia yang melakukannya. Prinsipnya, jika tidak ada yang lapor, maka masalah ini tidak akan diketahui pihak berwajib. Hasilnya, walaupun tahu ebook yang dicetak pada jasa digital printing tergolong illegal, pihak jasa print pasti tetap melayani dan tidak melaporkan.

Dalam kondisi biasa, print ebook tidak akan menyebabkan masalah. Namun, jika Anda menggunakan buku untuk keperluan akademis, biasanya banyak orang akan menegur Anda. Kegiatan bajak buku seperti ini sangat tidak ditolerir di bidang akademis.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Cetak Ebook

Sekarang Anda tahu bahwa masalah cetak ebook bisa illegal walaupun tidak ada yang akan kena hukuman selama tidak ada yang lapor. Walaupun begitu, Anda tetap harus tahu beberapa hal penting berikut ini agar lebih aman cetak ebook:

Boleh Print Selama Anda Beli Ebook Secara Legal

Jika ingin lebih aman, Anda harus dapatkan ebook dari jalur legal. Selama Anda beli ebook tersebut, data digitalnya adalah milik Anda. Jadi apapun yang Anda lakukan dengan data itu adalah tanggung jawab Anda sendiri.

Sama halnya, Anda punya buku dan memfotokopi buku tersebut sebagai material referensi, Anda tidak akan dipermasalahkan cetak file ebook yang sudah jadi milik Anda sendiri.

Legal Selama Digunakan Pribadi

Mencetak ebook juga tidak dipandang illegal jika Anda hanya menggunakannya untuk pribadi. Jika ebook dicetak untuk bukti fisik Anda punya buku tersebut, hal ini tidak masalah. Selama Anda tidak jual hasil cetakan ebook, Anda tidak akan terjerat masalah hukum serius.

Apakah Sudah Jelas?

Sekarang Anda sudah tahu apakah menggunakan jasa digital printing Jakarta untuk cetak ebook illegal atau tidak. Semoga bahasan ini membuka wawasan Anda dan menjadi ilmu yang berguna!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.