Anda yang sering melihat Cut Out Standee di tempat umum seperti toko atau bioskop mungkin penasaran dengan bahan apa saja yang biasa dipakai untuk membuatnya. Hal ini memang menarik, sebab umumnya Cut Out Standee bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Rasa penasaran Anda akan terjawab karena kali ini, Kami akan membahas beberapa bahan yang biasa dipakai untuk membuat Cut Out Standee.

  • PVC Board

PVC board dikenal juga dengan nama sintra board atau forex board, bahkan masih ada penyebutan lainnya.

Bahan PVC board merupakan bahan yang agak keras dan halus sehingga cukup bagus apabila dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Selain dipakai sebagai bahan untuk membuat Cut Out Standee, bahan PVC board ini juga kerap dipakai sebagai plafon kamar mandi, rak display untuk menyimpan atau memajang sesuatu sampai bahan untuk membuat meja dan kursi.

  • ImpraBoard

Bahan yang bisa dipakai untuk membuat Cut Out Standee yang selanjutnya adalah Impraboard.

Impraboard merupakan bahan bergelombang yang dibuat dari bahan yang memiliki tekstur seperti kardus tetapi sebenarnya merupakan bahan plastik.

Impraboard merupakan bahan yang paling terkenal dan paling sering dipakai dalam proses pembuatan Cut Out Standee. Sebab, bahan impraboard dinilai sebagai bahan yang ringan tetapi punya daya tahan dan kekuatan yang baik.

Bahan impraboard yang dipakai untuk membuat standee biasanya punya ketebalan 5mm serta memiliki warna dasar putih.

Namun ada juga beberapa tempat pembuat Cut Out Standee yang menerima permintaan untuk pemakaian jenis warna tertentu.

Impraboard juga sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebagai box yang dipakai untuk packaging buah, alas kue bahkan seafood. Cut Out Standee yang dibuat dari bahan impraboard juga kerap digunakan sebagai media promosi dalam bentuk rak display.

Fungsi lain dari bahan Impraboard adalah digunakan menjadi compartment box, tutup baki hidroponik dan juga box kandang hewan.

  • Foamcore/Foamboard

Merupakan bahan yang memakai bahan paper duplex sebagai lapisan untuk bagian atas dan juga bawahnya.

Foamcore foamboard yang sering dipakai dalam pembuatan Cut Out Standee juga memiliki ketebalan setebal 5 mm. Sementara untuk proses cetaknya, umumnya akan memakai UV Flatbed Printer.

Kelebihan dari bahan ini adalah ringan, mudah direkatkan, biaya untuk mencetaknya lebih hemat serta mudah dipotong dan dicetak sehingga memiliki image yang baik untuk digunakan.

  • Kardus

Bahan kardus atau sering juga disebut dengan Corrugated Paper juga merupakan salah satu bahan yang kerap dipakai dalam proses pembuatan Cut Out Standee.

Kelebihan dari bahan ini adalah yang paling ekonomis jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Itulah beberapa bahan yang sering dipakai dalam pembuatan Cut Out Standee, apakah Anda juga sering memakainya dalam kehidupan sehari-hari?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.