Apakah Anda salah satu orang yang sedang membutuhkan tambahan modal, tetapi tidak ingin meminjam ke teman atau saudara? Ingin menggadaikan atau menjual barang tetapi tidak memiliki barang berharga yang ingin digunakan?  Maka jawaban yang paling tepat hanyalah mengajukan pinjaman modal pada lembaga keuangan, seperti bank atau fintech. 

Dari segi kemudahan dalam proses pinjaman, fintech juga lebih unggul jika dibandingkan dengan bank, tetapi jika Anda tidak pandai memilih fintech, Anda akan mendapatkan rugi berkali kali lipat karena suku bunga pada pinjaman fintech ini cukup besar jika dibandingkan dengan bank. Lalu bagaimana cara pinjaman bank cepat disetujui?

Bagaimana Cara Meminjam Uang Di Bank?

Perlu diketahui bahwa hampir semua bank tentunya memiliki persyaratan yang perlu disetujui oleh calon peminjam. Persyaratan ini juga bersifat wajib, apabila hal hal yang telah menjadi perysratan belum terpenuhi, maka proses pengajuan juga tidak dapat diproses. Syarat umum yang perlu Anda bawa ketika Anda ingin mengajukan pinjaman bank, meliputi:

  1. Membawa fotokopi atau kartu keluarga, Anda juga akan dimintai akta nikah sebagai bukti bahwa Anda sudah berkeluarga.
  2. Melampirkan slip gaji
  3. Memberikan fotokopi NPWP (jika ada)
  4. Memberikan fotokopi buku tabungan

Jika suda membawa semua persyaratan umum yang telah ditentukan, selanjutnya Anda bisa langsung datang ke Bank yang dituju.

Tips Agar Pinjaman Dapat Disetujui Dengan Bank

Saat Anda sudah menyiapkan segala jenis berkas yang menjadi persyaratan, ada beberapa tips agar pinjaman bank cepat disetujui, diantaranya yaitu:

  1. Memakai jaminan. Jika Anda ingin pengajuan pinjaman Anda cepat disetujui maka sebaiknya Anda juga menggunakan jaminan. Pilih jaminan yang memiliki harga jual tinggi atau paling tidak sesuai dengan jumlah uang yang ingin dipinjam. 
  2. Tidak mempunyai catatan hutang dengan lembaga uang yang lain. Biasanya, pihak bank akan mengecek data para calon debitur, apakah calon debitur ini memiliki track record yang buruk atau buruk. Skor kredit yang keluar akan menunjukkan apakah mereka pernah gagal membayar sebelumnya atau tidak.
  3. Dapat menentukan tenor pinjaman. Tenor ini merupakan suatu periode waktu dari peminjaman. Apabila Anda memilih tenor pinjaman yang lebih lama, maka besar pula cicilan hutang juga jauh lebih kecil. Tetapi jika Anda memilih periode waktu yang singkat maka cicilan hutan perbulannya akan menjadi lebih berat. Sebelum menentukan tenor yang Anda inginkan alangkah baiknya untuk menghitung pendapatan perbulan terlebih dahulu.
  4. Menyesuaikan nominal pada pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayar. Sebagai debitur Anda harus bijak. Artinya Anda juga harus menyesuaikan plafon pinjaman dengan kemampuan ketika membayar hutang pada bank. Sebaiknya mengajukan pinjaman yang tidak lebih dari 30% dari penghasilanmu.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.