Salah satu jenis atap murah pengganti asbes, yakni atap gelombang instant spandek kini menjadi incaran para pelaku usaha jasa konstruksi. Pasalnya selain murah atap tersebut juga memiliki banyak kelebihan. Agar lebih paham terkait atap spandek pengganti asbes dan informasi lain terkait atap spandek, simak lebih lanjut i ulasan berikut!

Atap Asbes

Atap gelombang asbes merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari fiber dan asbes semen dengan bentuk lembaran tipis bergelombang. Ketebalan dan gelombang yang terdapat pada masing-masing atap asbes sangat berbeda-beda, tergantung dengan ukurannya. Walaupun atap asbes sangat dikenal laku di pasaran, atap ini juga memiliki beragam kelemahan yang tak jarang pula dikeluhkan oleh para pemakainya. Beberapa kelemahan asbes di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Panas. Biasanya penghuni suatu rumah yang atapnya terbuat dari asbes akan merasa kepanasan. Hal itu disebabkan karena asbes sifatnya menyerap sinar matahari
  • Ringkih. Asbes dikenal sebagai jenis atap yang mudah pecah. Oleh karena itu, asbes kurang aman dari risiko kebobolan.
  • Monoton. Atap asbes memiliki ukuran yang cukup besar jika dibanding dengan jenis atap lainnya. Selain itu warna yang disediakan juga hanya 1, yakni warna yang menyerupai semen. Hal tersebut akan membuat hunian menjadi monoton. 

Atap Spandek

Beberapa kekurangan asbes tersebut tidak jarang membuat orang yang tadinya menggunakan asbes beralih ke atap spandek. Atap gelombang instant spandek terbuat dari bahan campuran  aluminium, seng dan juga silikon. Persentase dari masing-masing bahan tersebut berkisar antara 55% aluminium, 45% seng, dan 2% silikon. 

Dengan persentase dari masing-masing bahan tersebut atap spandek dinilai jauh lebih awet, kokoh, mudah dibentuk, dan ringan. Selain karena kekuatannya, atap spandek juga dikenal lebih dapat divariasikan ketimbang atap asbes. Atap spandek dapat dicat dan pengecatanya dapat dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien. Beberapa kelebihan atap spandek lain di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Anti rayap.
  • Tidak mudah pecah.
  • Cara pemasangan atap gelombang lebih mudah dan cepat.

Demikian informasi seputar atap spandek, atap gelombang instant pengganti atap asbes yang dikenal sangat panas. Sebelum menggunakan atap spandek, pastikan bahwa Anda telah memperhitungkan apakah hal tersebut sesuai atau tidak dengan kebutuhan Anda saat ini. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.