Sudahkan anda mengetahui berapa kira-kira suku bunga deposito yang akan didapatkan? Jika belum maka sebagai calon nasabah, anda memang perlu untuk mengetahuinya. Mengingat jenis simpanan inipun mempunyai jumlah peminat cukup banyak. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai macam keunggulan yang ditawarkan di dalamnya. 

Seperti sudah kita ketahui, investasi merupakan salah satu hal wajib dilakukan agar bisa mendapatkan kebebasan finansial di masa depan. Sebanyak apapun dana yang dimiliki tetapi tidak dapat dikelola dengan tepat, ternyata juga akan membuat anda menyesal di kemudian hari bukan? 

Cara Menghitung Suku Bunga Deposito 

Agar anda bisa lega untuk menghadapi kondisi finansial tidak menentu di masa depan, maka investasi adalah pilihannya. Ada banyak opsi yang bisa dipilih untuk melakukan investasi seperti deposito. Ini adalah jenis simpanan dimana hanya dapat diambil dalam jangka waktu tertentu saja. 

Dari waktu ke waktu, jenis simpanan inipun paling banyak dipilih karena menawarkan banyak keunggulan termasuk sebagai pilihan dalam berinvestasi. Salah satu keunggulan yang paling terlihat adalah suku bunganya lebih tinggi sekaligus kompetitif dibandingkan dengan tabungan lainnya. Bahkan resikonya juga sangat minim membuat banyak orang semakin menyukainya. 

Lantas yang menjadi pertanyaan adalah berapa besarkan profit atau keuntungan yang bisa diperoleh nasabah tersebut? untuk mengetahui besaran keuntungannya sendiri ternyata tidak sulit yakni bisa menggunakan rumus  dibawah ini. 

  1. Berdasarkan Total Pendapatan Per Jatuh Tempo 

Adapun cara pertama yang bisa digunakan buat menghitung besarnya profit yang akan didapatkan adalah berdasarkan total pendapatan per jatuh tempo. Dengan rumus inilah, anda bisa memperoleh profit secara keseluruhan. Adapun cara perhitungannya adalah 

Setoran pokok + (Profit Bunga Deposito-Jumlah Pajak Deposito) 

Pastikan nasabah juga harus menghitung keuntungan dari bunga deposito sekaligus pajaknya apabila ingin menggunakan rumus satu ini. 

  1. Rumus Ke 2

Selain menggunakan rumus diatas, anda juga bisa menggunakan rumus kedua sebagai berikut 

(Suku bunga deposito x setoran pokok deposito x 30 hari x 80%)/365 hari. 

Keuntungan Melakukan Deposito 

Seperti telah disinggung sebelumnya, banyaknya orang-orang yang melakukan deposito sendiri bukan tanpa alasan. Sebab keuntungan didalamnya memang cukup menggiurkan bagi para nasabah diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Bentuk Investasi Paling Aman 

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih investasi ini adalah risikonya jauh lebih rendah dibandingkan simpanan lainnya. Tidak seperti dengan saham, deposito sendiri bahkan nyaris tidak mempunyai risiko gagal bayar lho. 

  1. Mempunyai Suku Bunga Cukup Tinggi 

Adapun bahan pertimbangan lainnya adalah suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi. Bahkan jika dilihat bisa tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa. Bukan hanya itu saja, anda juga mempunyai jaminan keamanan ketika menggunakannya. 

Deposito adalah salah satu cara investasi yang bisa dipilih untuk mendapatkan keuntungan cukup banyak di dalamnya. Namun sebelum itu, pastikan mengetahui cara menghitung suku bunga deposit terlebih dahulu. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.